lazada.co.id
SELAMAT DATANG DI BLOG PERTAMA GOWES SPORT

AWAL TERBITNYA BMX


AWAL TERBITNYA BMX
Sory teman kali ini saya akan sedikit berbagi tentang awal terbitnya bmx,dan mungkin sudah banyak yah dari teman-teman bloger yang sudah membuat artikel tentang awal mula terbitnya sepedah yang satu ini.

   dan mungkin sebagian pula teman-teman sudah banyak yang mengetahui cerita awal mula sepedah bmx,dan bahkan sudah familiar atas nama BMX yah :) jadi mari kita bahas AWAL TERBITNYA BMX .
Dimulai tahun 1963-1974 banyak anak-anak Kalifornia yang terinspirasi atas film Wild one pada tahun 1953 film ini bercerita tentang geng motor CHOPPER,dari film tersebut banyak anak-anak kalifornia pada jamanya memodifikasi sepedah nya dengan : stang tinggi melebar,roda besar 20 inci.


Ternyata fenomena Chopper di kalangan anak-anak kalifornia tersebut menarik perhatian dari pihak The Bicycle Company yang saat itu menarik utusannya,Al fritz pada tahun 1962 untuk meneliti fenomena tersebut.pada tahun 1968 jenis speda sting ray laku terjual dan banyak di minati oleh para konsumen terutama di dataran negri yang di juluki paman sam itu.hampir 70% spedah yg laku terjual adalah spedah model Sting Ray.
Cikal bakal awal terbitnya bmx ternyata pada tahun 1969 tepatnya pada bulan juli,banyak anak-anak kalifornia yang mengadakan balapan di area sekitar Palms Park menggunakan spedah Sting Ray.Sejak tenarnya balapan itulah banyak anak-anak yang menyebutnya dengan kata-Pedal Cross- yang menjadi era terbitnya bmx racing,bmx racing sangat populer di kalangan para penyuka sepeda(anak-anak Amerika) bahkan tak luput dari para pengendara motorcross yang penasaran dan ingin mencoba balapan pedal cross tersebut,awal perhelatan akan balapan tersebut di ikuti hanya 30 peserta namun cepatnya waktu balapan tersebut mengundang banyaknya penggemar bahkan sampai meningkat 500% pada seminggu kemudian dari pertama di gelarnya balapan yg terjadi pada anak-anak long beach kaliforenia.
Pertama kali orang yang berjasa membuka trek balap adalah jon dan don dryer pada tahun 1972 tepat di belakang rumahnya di Malibu,namun beberapa bulan jon dan don dryer mendapat protes dari para tetangganya,mereka(tetangga) mengatakan bahwa mwereka terggangu atas semuanya itu.April 1973 setahun dari awal pembukaan tersebut di buka kembali trek balap di Malibu Canyon.
Trak Downhill : pada tahun 1973 Erni Alexander dan suzanne,membuka trak downhill bmx di Soledad Sand Park,California Selatan ,dan sebulan kemudian suzanne membuat badan BMX Nasional pertama di Amerika dengan nama National Bicycle Assosiation (NBA)
Pada tahun tersebut ada para pekerja dan beberapa anak lokal yang di sebut Arvada Street Cang yang berantusias dan sukarela membangun sebuah trek BMX 1bulan pembuatan trek tersebut akhirnya di buka kegiatan bersepeda tersebut.
Di akhir tahun 1973,tersebar banyaknya trek BMX  di California yang merambah daerah-daerah lain seperti Arizona,Oklahoma,dan Florida.
  Baiklah teman mungkin ini sedikit cerita perjalanan Awal Mula Terbitnya BMX yang saya ukir dalam artikel ini.Mohon maaf bila artikel ini kurang lengkap.
Terimakasih atas waktu luang anda yang telah menyempatkan untuk membaca artikel ini.
di akhir kalimat saya ucapkan TERIMAKASIH

No comments:

Post a Comment